TAMBUNAN, ANDRE FRANSISCO (2020) PENERAPAN MODEL PEMBEJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP TUNAS KARYA BATANG KUIS T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153311003 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM. 4153311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4153311003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 4153311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
5. NIM. 4153311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 4153311003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 4153311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 4153311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM. 4153311003 BAB I.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
13. NIM. 4153311003 BAB V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 4153311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika matematika siswa dikelas VIII-3 SMP Tunas Karya Batang Kuis Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Tunas Karya Batang Kuis T.P 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran bebebasis masalah berbantuan geogebra pada materi koordinat kartesius. Instrumen yang dipakai lembar aktifitas siswa, dan pengamatan kemampuan guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematika. Peningkatan hasil tes kamampuan penalaran matematis ditunjukan dengan peningkatan skor rata-rata tes kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I sebesar 63.96 menjadi 77.08 pada siklus II, adanya ketuntasan blajar secara klasikal yaitu siklus I sebesar 36.66% menjadi 86.67 pada siklus II, serta tercapainya ketuntasan blajar secara klasikal di sikus II. Model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang ditinjau dari tercapainya indikator keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya indikator ketuntasan blajar secara klasikal sebesar 86.67%, aktifitas siswa mencapai 3.42 dengan kategori baik, dan pengelolaan pembelajaran mencapai skor 3.41 dengan kategori baik. Peningkatan hasil tes penalaran pada tes awal ke siklus II pada kategori sedang dengan nilai 0.67.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 040 |
Keywords: | Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:21 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38045 |