MANIHURUK, OKKY EIRENE (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153121048 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 4153121048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3. NIM. 4153121048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4153121048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 4153121048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM. 4153121048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4153121048 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4153121048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
9. NIM. 4153121048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
10. NIM. 4153121048 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 4153121048 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
12. NIM. 4153121048 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
13. NIM. 4153121048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4153121048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
15. NIM. 4153121048 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif (KBK) siswa dengan menerapkan model project based learning pada materi Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 1 Pegagan Hilir T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Pegagan Hilir yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Kelas eksperimen diterapkan model project based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk uraian sebanyak 8 item untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Nilai rata-rata pretest keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen adalah 35,61 dan kelas kontrol 32,67. Berdasarkan hasil uji t dua pihak kemampuan awal siswa pada kedua kelas adalah sama dalam hal keterampilan berpikir kreatif. Nilai rata-rata postest eksperimen adalah 79,45 dan kontrol 66,19. Berdasarkan uji t satu pihak terdapat perbedaan nilai keterampilan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persentase peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang telah di uiji N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan 0,70 dan kelas kontrol 0,51. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dikategorikan tinggi dan di kelas kontrol adalah sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa upaya yang telah dilakukan yaitu dengan menerapkan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 027 |
Keywords: | Keterampilan Berpikir Kreatif ; Model Project Based Learning |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:20 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38032 |