LUBIS, RISNA MARIATI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 9 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4161131030 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 4161131030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 4161131030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 4161131030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM. 4161131030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 4161131030 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 4161131030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 4161131030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 4161131030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM. 4161131030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan iSpring Presenter untuk kelas Eksperimen dan PPT untuk kelas Kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah X MIA I sebagai kelas Kontrol dan kelas X MIA II SMAN 9 Medan sebagai kelas Eksperimen. Analisis data menggunakan (1) Uji kelayakan media dan materi yang memenuhi kriteria valid dan layak dengan hasil uji kelayakan materi 87,5% dan kelayakan media 86% sedangkan uji kelayakan media yang digunakan di sekolah 49% dengan kategori tidak layak dan materi 71,42% dengan kategori layak. (2) Uji Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia untuk kelas Eksperimen 86,15% dan kelas Kontrol 81,55% dengan kategori tinggi.(3)uji homogenitas untuk Pre- test 1,87 dan Post- test 1,33 dengan kedua data yang homogen (4) uji t- dua pihak dengan daerah kritis : t <-t ½ α dan t > t ½ α, α = 0,05 dan ½ α= 0,025, db = n1 + n2- 2 = 36, maka Ha diterima karena berada pada daerah penolakan Ho. Sehingga hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran iSpring Presenter untuk kelas Eksperimen lebih tinggi daripada media pembelajaran PPT untuk kelas Kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 026 |
Keywords: | Media Pembelajaran, iSpring Presenter, Power Point Text, Ikatan Kimia, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:20 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38025 |