SITEPU, SAMUEL JON HERI (2020) PENGARUH METODE QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153311039 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 2153311039 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. NIM. 2153311039 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 2153311039 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 2153311039 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM. 2153311039 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 2153311039 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM. 2153311039 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM. 2153311039 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 2153311039 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 2153311039 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Metode Quantum Writing Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMA Swasta Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah 249 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 69 siswa kelas X Kelas X SMA Swasta Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian two-group posttest only control group design. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 79,24 dengan predikat baik, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,7 dengan predikat kurang. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode quantum writing dilakukan dengan dua teknik. Teknik pertama dengan menggunakan teknik clustering dan teknik menulis cepat. Teknik kedua dengan menggunakan teknik show not tell. Berdasarkan hasil pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode quantum writing diketahui bahwa siswa menganggapi dengan positif. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,21 > 1,697). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode quantum writing yang signifikan dibandingkan tanpa menggunakan metode quantum writing terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X Kelas X SMA Swasta Budi Murni 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 029 |
Keywords: | Pengaruh; Teks Eksposisi; Metode Quantum Writing |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:17 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38015 |