HARIANJA, PUTRIANA (2019) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153341038 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 4153341038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM 4153341038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM 4153341038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4153341038 TABLLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM 4153341038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4153341038 TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 4153341038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4153341038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM 4153341038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM 4153341038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui media sosial apa yang paling sering diakses oleh siswa SMA Negeri 10 Medan, (2) mengetahui apakah siswa SMA Negeri 10 Medan sudah menggunakan media sosial dalam pembelajaran biologi, (3) mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran biologi di SMA Negeri 10 Medan. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 221 siswa yang dipilih dari total 267 siswa jurusan MIA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana sampel ditentukan dengan melihat siswa yang merupakan pengguna media sosial aktif. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media sosial yang paling sering diakses oleh siswa SMA Negeri 10 Medan adalah media sosial WhatsApp, dengan kategori persentase “cukup tinggi”, (2) siswa di SMA Negeri 10 Medan sudah menggunakan media sosial dalam pembelajaran biologi. Siswa menggunakan media sosial untuk mencari referensi materi/tugas, berdiskusi, dan berbagi informasi seputar pelajaran, (3) pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran biologi dapat dilakukan melalui fitur-fitur yang ada pada media sosial, seperti fitur video, gambar, dan artikel/tulisan yang diunggah. Selain itu juga ada fitur grup yang dapat digunakan untuk berbagi dan berdiskusi seputar biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 021 |
Keywords: | Media sosial, Media Pembelajaran, Biologi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:16 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38008 |