ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEL DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 MEDAN

LORENZA, YANNA (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEL DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 2.NIM 4131141050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 4131141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4131141050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4131141050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4131141050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4131141050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4131141050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4131141050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 4131141050 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 4131141050 TABLES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 4131141050 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 4131141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 4131141050 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 4131141050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4131141050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4131141050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 4131141050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 4131141050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4131141050 BLIBIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4131141050 BLIBIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa, untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar biologi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/1019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Medan dan sampel penelitian ini diambil secara random sampling. Instrumen penelitan ini dengan menggunakan soal dan angket. Melalui Teknik analisis data yaitu dengan Teknik analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor biologi (47,67% atau cukup sulit); psikiatik (49,95% atau cukup sulit); intelegensi (64,21% atau sulit); minat (59,33% atau cukup sulit); orangtua (67,89% atau sulit); suasana rumah (67,46% atausulit); materi pelajaran (75,55% atau sulit); media (56,67% atau cukup sulit). Diperoleh persentase rata-rata kesulitan belajar siswa sebesar 61,15%, berarti siswa memliki kesulitan belajar biologi pada materi pokok sel yang cukup sulit. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor yang paling mempengaruhi adalah faktor materi pelajaran yaitu sebesar 75,55% termasuk dalam kategori tersulit. Kesulitan belajar siswa SMA Negeri 2 Medan memiliki hubungan dengan hasil belajar sebesar 96,04%. Persentase tersebut dapat ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak di ukur secara empiris dalam penelitian ini. Pada penelitian ini ditemukan bahwa ada sumbangsi yang diberikan kesulitan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 022
Keywords: Kesulitan belajar, Hasil belajar, Sel
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 11:16
Last Modified: 05 Mar 2020 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38003

Actions (login required)

View Item
View Item