LORENZA, YANNA (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SEL DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2.NIM 4131141050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3.NIM 4131141050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4.NIM 4131141050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5.NIM 4131141050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6.NIM 4131141050 TABLES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7.NIM 4131141050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8.NIM 4131141050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9.NIM 4131141050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13.NIM 4131141050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14.NIM 4131141050 BLIBIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa, untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar biologi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/1019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Medan dan sampel penelitian ini diambil secara random sampling. Instrumen penelitan ini dengan menggunakan soal dan angket. Melalui Teknik analisis data yaitu dengan Teknik analisis deskriptif persentase diketahui adanya faktor kesulitan belajar, seperti faktor biologi (47,67% atau cukup sulit); psikiatik (49,95% atau cukup sulit); intelegensi (64,21% atau sulit); minat (59,33% atau cukup sulit); orangtua (67,89% atau sulit); suasana rumah (67,46% atausulit); materi pelajaran (75,55% atau sulit); media (56,67% atau cukup sulit). Diperoleh persentase rata-rata kesulitan belajar siswa sebesar 61,15%, berarti siswa memliki kesulitan belajar biologi pada materi pokok sel yang cukup sulit. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor yang paling mempengaruhi adalah faktor materi pelajaran yaitu sebesar 75,55% termasuk dalam kategori tersulit. Kesulitan belajar siswa SMA Negeri 2 Medan memiliki hubungan dengan hasil belajar sebesar 96,04%. Persentase tersebut dapat ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak di ukur secara empiris dalam penelitian ini. Pada penelitian ini ditemukan bahwa ada sumbangsi yang diberikan kesulitan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 022 |
Keywords: | Kesulitan belajar, Hasil belajar, Sel |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:16 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38003 |