MANULLANG, SRI SULASTRYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOKKE KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4153121059 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4153121059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 4153121059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM. 4153121059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 4153121059 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 4153121059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 4153121059 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 4153121059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
9. NIM. 4153121059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 4153121059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. NIM. 4153121059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI Semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA-6 sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning dan kelas XI MIA-5 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk essay.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 36,28 dan 33,29, setelah diberi perlakuan yang berbeda hasil rata-rata nilai postes kelas eksperimen adalah 73,03 dan kelas kontrol 53,03, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= 5,939 dan ttabel= 1,669 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI semester I SMA Negeri 13 Medan T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 032 |
Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar, Elastisitas Dan Hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 10:47 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37982 |