Gultom, Halimah Sakdiah (2011) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG MATERI SEL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 809735006 Judul.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. 809735006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
3. 809735006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. 809735006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. 809735006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
6. 809735006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. 809735006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
8. 809735006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. 809735006 Bab I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
10. 809735006 Bab V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
11. 809735006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah ada tidaknya miskonsepsi guru dan siswa, persentase miskonsepsi yang dialami guru dan siswa serta mengetahui konsep manakah yang dikonsepsikan oleh guru dan siswa tentang materi sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Se-Kabupaten Deliserdang yang terdiri atas 15 sekolah. Populasi penelitian ini adalah 16 guru dan 1281 siswa. Sampel yang digunakan adalah 16 guru dan 949 siswa. Konsep yang diujikan sebanyak 11 konsep. Penelitian ini menggunakan tes diagnostik dua dimensi yang terlebih dahulu divalidkan kepada validator. Pada saat menjawab tes untuk siswa, guru dan peneliti berada pada ruangan kelas dan untuk guru dikerjakan pada ruangan guru, agar pada saat guru dan siswa tidak mengerti akan tes dapat bertanya pada peneliti, waktu yang diberikan untuk menjawab keseluruhan tes adalah 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan ada miskonsepsi pada guru sebanyak 9,09% dan ada miskonsepsi siswa sebanyak 36,36%. Guru miskonsepsi pada konsep Eksositosis dan pada siswa miskonsepsi pada 4 konsep, yaitu: perkembangan teori sel, perbedaan sel prokariotik dengan sel eukariotik, plasmolisis, dan endositosis. Jika guru mengalami miskonsepsi cukup tinggi terhadap konsep-konsep yang akan diajarkan kepada siswa tentu siswa akan mengalami miskonsepsi lebih banyak lagi dati pada guru dan untuk mengatasi ini guru hendaknya menerapkan strategi pengubahan konseptual dalam pembelajaran agar dapat mengatasi konsepsi siswa, karena guru adalah gudang ilmunya siswa selain buku teks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.607 1 Gul i |
Keywords: | Biologi; Sel tumbuhan; Sel hewan; Energi; Transport zat; Miskonsepsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3792 |