Aritonang, Swerfin (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7133341084 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 7133341084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM 7133341084 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM 7133341084 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM 7133341084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 7133341084 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 7133341084 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7133341084 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM 7133341084 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM 7133341084 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 7133341084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kewirausahaan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 13 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 13 Medan yang beralamat di Jalan Seruwai Sei Mati Medan Labuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Pemasaran yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 67 siswa dimana kelas XI Pemasaran 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Pemasaran 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 62,67 dengan standar deviasi = 8,58 dan nilai rata-rata post-test siswa = 83,17 dengan standar deviasi = 7,48. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 62,16 dengan standar deviasi = 10,31 dan rata-rata nilai posttest siswa = 72,03 dengan standar deviasi = 7,12. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (1,99 > 1,669), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05% dengan dk= n1+ n2-2 = 65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 13 Medan T.P 2017/ 2018 pada pokok bahasan Menganalisis peluang usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 074 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:05 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37813 |