Anisyah, Cici (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MASTERY LEARNING STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMAN 6 BINJAI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7131142008_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7131142008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 7131142008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 7131142008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 7131142008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7131142008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7131142008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7131142008_BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
12. NIM. 7131142008_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 7131142008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 6 Binjai Tahun pembelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving Dengan Mastery Learning Strategy. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan aktivitas pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 41,2% siswa aktif dan sangat aktif dengan rata-rata 20,35. Sedangkan pada siklus II diperoleh 76,92% siswa aktif dan sangat aktif dengan rata-rata 25,2. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 35,72%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 25 siswa dari 39 siswa yang mendapat nilai >78 atau sebesar 64,10% dan 14 siswa yang mendapatkan nilai <78 atau sebesar 35,89% dengan nilai rata-rata 73,97. Pada siklus II yang memperoleh nilai >78 sebanyak 32 siswa atau 82,5% dan 7 siswa siswa yang memperoleh nilai <78 atau sebesar 17,94% dengan nilai rata-rata sebesar 82,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving Dengan Mastery Learning Strategy di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 6 Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi akuntasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 160 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mastery Learning Strategy, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:05 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37812 |