SIREGAR, TRY UTHAMI (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342038_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7133342038_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 7133342038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
4. NIM. 7133342038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7133342038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 7133342038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133342038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 7133342038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7133342038_BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
13. NIM. 7133342038_BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM. 7133342038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lessons lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang berlokasi di Jalan Sindoro No. 1 Medan pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 149 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang di peroleh dari rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sample yang terdiri dari kelas eksperimen 31 siswa dan kelas kontrol 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran Akuntansi kelas XI yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,64 dengan standar deviasi 7,15 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 78,54 dengan standar deviasi 7,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (3,81) > ttabel (1,671) yang berarti hipotesis diterima bahwa hasil belajar akuntansi pada materi kas kecil yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran peer lessons lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan 2017/2018. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa strategi pembelajaran peer lessons berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa XI AK SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 168 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Peer Lessons; Metode Konvensional; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:04 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37800 |