Simanjuntak, Penas (2017) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS DI SMA SWASTA SANTO PETRUS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341062 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 7133341062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
3. NIM 7133341062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM 7133341062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM 7133341062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6. NIM 7133341062 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7133341062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7133341062 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 7133341062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM 7133341062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM 7133341062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS Di SMA Swasta Santo Petrus Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS di SMA Swasta Santo Petrus Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Petrus Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI IIS Di SMA Swasta Santo Petrus Medan yang berjumlah 100 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 80 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur Pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa berupa angket yang berjumlah 20 butir soal untuk masing masing variable bebas. Validitas test diuji dengan menggunakan teknik Product moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Setelah uji validatas, semua (20) soal variabel X1 valid, dan semua (20) soal variabel X2 valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 10,873 + 0,546 X1 + 0,304 X2+ e dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,936 yang menjelaskan bahwa penggunaan internet sebagai media belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 93,6%, sedangkan sisanya sebesar 6,4 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, yang berarti secara parsial penggunaan internet sebagai media belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kemudian dari uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yang menyatakan bahwa secara simultan penggunaan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IIS Di SMA Swasta Santo Petrus Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 142 |
Keywords: | PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR; MOTIVASI BELAJAR; PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37786 |