DARMAYANI, AFRIANA (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN DAN MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SOS SMA PANCA BUDI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7131141002 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 7131141002 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
3. NIM 7131141002 FREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. NIM 7131141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 7131141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 7131141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 7131141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7131141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7131141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM 7131141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 7131141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X Sos SMA Panca Budi Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Memberikan Penguatan dan Mengelola Kelas terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sos SMA Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan di SMA Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota kelas X Sos yang berjumlah 48 orang. Sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael sebanyak 43 orang dan dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dari sebaran angket variabel pemberian penguatan dan mengelola kelas dan dari daftar kumpulan nilai ekonomi siswa untuk variabel prestasi belajar ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) masing-masing variabel X1 dan X2 diperoleh hasil thitung > ttabel yang berarti hipotesis keterampilan memberikan penguatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan hipotesis keterampilan pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diterima. Pengujian hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh hasil Fhitung > Ftabel yang berarti hipotesis keterampilan memberikan penguatan dan mengelola kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diterima. Hasil koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 0,853 yang berarti bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 85,3%. Sedangkan sisanya 14,7% merupakan faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 144 |
Keywords: | Pemberian Penguatan; Mengelola Kelas; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:02 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37784 |