SIREGAR, DAHLAN (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII AK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SWASTA DHARMA BHAKTI SIBORONG BORONG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342050_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7133342050_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 7133342050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 7133342050_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. NIM. 7133342050_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 7133342050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7133342050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 7133342050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
9. NIM. 7133342050_BAB I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 7133342050_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7133342050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Swasta Dharma Bhakti Siborongborong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII SMK Swasta Dharma Bhakti Siborongborong Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan SMK Swasta Dharma Bhakti Siborongborong yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Siborongborong pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dan dengan rumus slovin, diperoleh jumlah sampel yang terdiri dari kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran Akuntansi kelas XII yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai mean tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 85,2 dengan standar deviasi 6,03 dan nilai mean tes hasil belajar siswa kelas kontrol 75,2 dengan standar deviasi 9,40. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (5,18) dan ttabel (1,671) yang artinya hipotesis diterima yaitu hasil belajar yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran Group Investigation secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajar dengan model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Swasta Dharma Bhakti Siborongborong pada Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 178 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJRAN GROUP INVESTIGATION (GI), METODE KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR AKUNTANSI |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37767 |