LUBIS, MUZDALIFAH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN PANCASILA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142036_COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 7123142036_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN..pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM. 7123142036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 7123142036_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 7123142036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 7123142036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 7123142036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 7123142036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM. 7123142036_BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM. 7123142036_BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM. 7123142036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila Sawit Seberang Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Yayaysan Pendidikan Pancasila Sawit Seberang yang beralamat di Jalan Masjid Subulus Salam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yaitu sebanyak 50 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling . Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas XII IPS 2 yang berjumlah 25 orang dan kelas XII IPS 3 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menghitung mean dan standar deviasi, uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisa data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 46,00 dengan standar deviasi 9,24 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 64,40 dengan standar deviasi 8,46. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 48,40 dengan standar deviasi 7,60 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 76,40 dengan standar deviasi 7,57. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α= 0,05. Pada post test hasil belajar diperoleh thitung = 5,286 sedangkan ttabel = 1,679 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak. Jadi, berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode konvensional di kelas XII IPS SMA Swasta Yayasan Pendidikan Pancasila Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 184 |
Keywords: | Model pembelajaran probing prompting;metode konvensional;hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37754 |