Br. Tambun, Tetty Suastri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342010_COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM. 7133342010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 7133342010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 7133342010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 7133342010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM. 7133342010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 733342010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7133342010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM. 7133342010_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 7133342010_BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM. 7133342010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan Strategi Deduktif Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 12 Medan yang beralokasi Jl. Cempaka Raya Medan Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS I dengan jumlah 47 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui model pembelajaran Problem Posing dengan Strategi Deduktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas penelitian ini di lakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari hasil analisis di peroleh hasil observasi yang telah di lakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu mencapai 36,17% keaktifan secara keseluruhan yaitu 17 orang dari 47 siswa yang tergolong aktif dan siklus II terdapat peningkatan keaktifan mencapai 95,74% dengan jumlah siswa 45 dari 47 siswa. Hal ini memenuhi kriteria penilaian ≥ 75%. Untuk memperoleh hasil belajar di siklus I terdapat 23 orang siswa 48,93% dengan nilai rata-rata 71,91. Dan siklus II persentase ketuntasan keseluruhan 42 orang siswa 89,36% dengan nilai rata-rata 83,19 menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar.Karena aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan maka penelitian ini tidak perlu di lanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan analisis diatas dapat di simpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Posing dengan Strategi Deduktif di kela XII IPS SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 186 |
Keywords: | AKTIVITAS; HASIL BELAJAR; MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI DEDUKTIF |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37751 |