SIMATUPANG, NANNY TINA AZARIA (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA DHARMA PANCASILA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341137 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 7133341137 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. NIM 7133341137 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 7133341137 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 7133341137 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 7133341137 TABLE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 7133341137 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7133341137 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 7133341137 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM 7133341137 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM 7133341137 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi kelas XI IPS Di Dharma Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap Prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Dharma Pancasila T.A 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Dharma Pancasila yang berjumlah 66 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 3,486 + 0,842X1 + 0,389X2. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,710 yang menjelaskan bahwa keterampilan mengajar guru (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 71,0%, sedangkan sisanya sebesar 29,0 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kemudian dari hasil penguji diperoleh thitung > ttabel yang berarti secara parsial keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kemudian diperoleh Fhitung > Ftabel yang berarti secara simultan keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Dharma Pancasila T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 149 |
Keywords: | KETERAMPILAN MENGAJAR GURU; PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR; PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37741 |