PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA DHARMA PANCASILA T.A 2016/2017

SIMATUPANG, NANNY TINA AZARIA (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA DHARMA PANCASILA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133341137 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133341137 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133341137 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133341137 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133341137 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133341137 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133341137 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133341137 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133341137 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133341137 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133341137 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133341137 TABLE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133341137 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133341137 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133341137 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133341137 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133341137 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133341137 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133341137 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133341137 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133341137 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133341137 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi kelas XI IPS Di Dharma Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap Prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Dharma Pancasila T.A 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Dharma Pancasila yang berjumlah 66 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji asumsi klasik. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 3,486 + 0,842X1 + 0,389X2. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,710 yang menjelaskan bahwa keterampilan mengajar guru (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 71,0%, sedangkan sisanya sebesar 29,0 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kemudian dari hasil penguji diperoleh thitung > ttabel yang berarti secara parsial keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Kemudian diperoleh Fhitung > Ftabel yang berarti secara simultan keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Dharma Pancasila T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 149
Keywords: KETERAMPILAN MENGAJAR GURU; PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR; PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:58
Last Modified: 24 Feb 2020 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37741

Actions (login required)

View Item
View Item