Hutabarat, Stephany R. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC7E) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 1 JORLANGHATARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142039-COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 7133142039-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. NIM. 7133142039-PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 7133142039-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 7133142039-TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6. NIM. 7133142039-TABLE.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 7133142039-FIGURES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 7133142039-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
9. NIM. 7133142039-CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 7133142039-CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7133142039-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK di SMK Negeri 1 Jorlanghataran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran LC7E lebih tinggi dari pada hasil belajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Jorlanghataran T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jorlanghataran yang beralamat di Jalan Besar Parapat kecamatan Jorlanghataran kabupaten Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Jorlanghataran Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 52 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol masing-masing kelas diambil 23 orang. Tehnik pengumpulan data dengan test soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang dikutip dari buku paket sehingga soal sudah dianggap baku dan tidak perlu divalidkan lagi. Sedangkan teknik analisis data dengan analisis dua beda rata-rata dan sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data dalam hal ini dihitung uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (4,05 > 1,673), berarti H0 ditolak dan H_aditerima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Jorlanghataran Tahun Pembelajaran 2017/208.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 192 |
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle 7E; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37727 |