Manurung, Ruth Intan Lestari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SANTA MARIA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341095 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM. 7133341095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
3. NIM. 7133341095 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM. 7133341095 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 7133341095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 7133341095 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7133341095 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM. 7133341095 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
12. NIM. 7133341095 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 7133341095 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Santa Maria Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilakasankan di SMA Santa maria Medan yang berlamat di jalan palang merah no 15 Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X berjumlah 123 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian sebanyak 60 orang yang terdiri dari kelas X IPS 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan bergandayang berjumlah 20 item soal. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata pre test kelas ekperimen sebesar 41,33 dengan standar deviasi sebesar 13,77, dan setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran creative problem solving sebesar 74,33 dengan standar deviasi 5,37. Sedangkan nilai pre test untuk kelas kontrol sebesar 44,83 dengan standar deviasi 9,86, dan nilai post test setelah diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional sebesar 71,16 dengan standar deviasi 6,11. Dari perhitungan uji normlitas dan homogenitas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05,diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,148 > 1,567 maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving dibanding dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada pokok bahasan Kebutuhan dan kelangkaan kelas X SMA Santa Maria Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 151 |
Keywords: | model pembelajaran Creative Problem solving, Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37723 |