PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK AND WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT

Lahagu, Nilawaty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK AND WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123341021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123341021 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123341021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123341021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123341021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123341021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123341021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123341021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123341021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123341021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123341021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123341021 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123341021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123341021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123341021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123341021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123341021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123341021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123341021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123341021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123341021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123341021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kecenderungan hasil belajar mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write, 2) kecenderungan hasil belajar mata pelajaran Tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write, 3)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk and write terhadap hasil belajar mata pelajaran tekstil siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, yakni kelas X Busana Butik 1 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X Busana Butik 2 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran tekstil dengan menggunakan tes pilihan berganda. Teknik analisis data melalui uji kecenderungan, uji normalitas, uji homogenitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis uji – t.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas yang diberikan perlakuan (eksperimen) dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol). Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pengajajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pengajajaran tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write. Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write (eksperimen) yaitu cenderung tinggi (55%) dengan nilai rata – rata 84, nilai tertinggi 94 dan terendah 76, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk and Write (kontrol) cenderung cukup (60%) dengan nilai rata – rata 75, nilai tertinggi 82 dan terendah 68. Uji persyaratan analisi menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena Lhitung = 0,14 < Ltabel = 0,150 dan kedua varians data adalah homogen karena = 1,77 < dari = 1,82. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk And Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi pengujian asal serat bahan tekstil melalui uji pembakaran siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat dengan hasi perhitungan > yaitu : 6,12 > 1,997. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk And Write (TTW) dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BSN 032
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talak And Write (TTW), Hasil Belajar Mata Pelajaran Tekstil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:52
Last Modified: 25 Feb 2020 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37697

Actions (login required)

View Item
View Item