Wahyuni, Desi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122111004 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 5122111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
3. NIM. 5122111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 5122111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM. 5122111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 5122111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. NIM. 5122111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5122111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
9. NIM. 5122111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM. 5122111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 5122111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Konstruksi Bangunan pada kompetensi Dasar Menerapkan Spesifikasi dan Karakteristik Baja dan Aluminium pada kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei TuanT. A. 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Prosedur tindakan dilaksankan pada dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan ( acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang jenis dan klassifikasi baja dan pada siklus II mempelajari tentang jenis dan klassifikasi aluminium. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat, pada siklus I pada siklus I nilai rata-rata komulatif aktivitas siswa siklus I yaitu 75 dengan capaian 33,33% siswa tidak aktif <75 dan 67,67% siswa aktif ≥75. Pada hasil nilai rata-rata aktivitas siswa siklus II yaitu mencapai 85% dengan capaian 100% siswa aktif ≥75. Dan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 80,39 dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 73,33%, dengan capaian target 26,67% nilai <75 dan 73,33% nilai ≥75. Dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 85,56 dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 100 % atau 30 siswa dengan keterangan “Tuntas” yang mendapat nilai ≥75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T. A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 048 |
Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING, AKTIVITAS,HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:52 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37690 |