SITUMORANG, DHARMA ALEKSANDER (2017) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI I MERDEKA BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123311006 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 5123311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
3. NIM 5123311006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
4. NIM 5123311006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 5123311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM 5123311006 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM 5123311006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM 5123311006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
12. NIM 5123311006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM 5123311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran project based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivtas dan hasil belajar mata pelajaran pengetahuan dasar teknik bangunan kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi dalam mata pelajaran pengetahuan dasar teknik bangunan Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Hasil evaluasi aktivitas dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I untuk skor aktivitas siswa rata-rata 65,26 pada siklus II meningkat menjadi 83,15. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata 65,6 meningkat menjadi rata-rata 83,11 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat 1) meningkatkan aktivitas siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) 2) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pengetahuan dasar teknik bangunan 3) mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 049 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:51 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37684 |