PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI

Daulay, Wahyuni Syafitri (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM. 5123142043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123142043 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5123142043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5123142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM. 5123142043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123142043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123142043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123142043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123142043 TABLE OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123142043 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123142043 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123142043 TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123142043 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123142043 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 5123142043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123142043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5123142043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5123142043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5122142011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5122142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Video Intraktif pada pelajaran Boga Dasar (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Video Intraktif pada pelajaran Boga Dasar (3) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Intraktif terhadap hasil belajar Boga Dasar. Desain Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Sampel kelas terdiri dua kelas yaitu kelas X-2 yang berjumlah 30 orang dan kelas X-3 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Video Intraktif sebanyak 46,67 persen termasuk kategori cenderung cukup. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Video Intraktif sebanyak 43,33 persen termasuk kategori cenderung kurang. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal, dengan nilai kelas yang menggunakan media pembelajaran video intraktif (Xhitung = 9,2 < Xtabel = 11,07), kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video intraktif (Xhitung = 10,25 <Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_(hitung )>〖 t〗_(tabel )(4,246>1,671). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Video Intraktif terhadap hasil belajar Boga Dasar siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Video Intraktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Dasar Boga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BOGA 056
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:49
Last Modified: 27 Feb 2020 01:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37661

Actions (login required)

View Item
View Item