Daulay, Wahyuni Syafitri (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123142043 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 5123142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM. 5123142043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 5123142043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 5123142043 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 5123142043 TABLES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 5123142043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 5123142043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
12. NIM. 5123142043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 5122142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Video Intraktif pada pelajaran Boga Dasar (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Media Pembelajaran Video Intraktif pada pelajaran Boga Dasar (3) Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Intraktif terhadap hasil belajar Boga Dasar. Desain Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Sampel kelas terdiri dua kelas yaitu kelas X-2 yang berjumlah 30 orang dan kelas X-3 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Video Intraktif sebanyak 46,67 persen termasuk kategori cenderung cukup. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Video Intraktif sebanyak 43,33 persen termasuk kategori cenderung kurang. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal, dengan nilai kelas yang menggunakan media pembelajaran video intraktif (Xhitung = 9,2 < Xtabel = 11,07), kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video intraktif (Xhitung = 10,25 <Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t_(hitung )>〖 t〗_(tabel )(4,246>1,671). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Video Intraktif terhadap hasil belajar Boga Dasar siswa Tata Boga SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Video Intraktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Dasar Boga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 056 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37661 |