Riski, Afriliana (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN WORD SQUARE PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4133141003. COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. 4133141003. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
03. 4133141003. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
04. 4133141003. PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
05. 4133141003. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
06. 4133141003. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. 4133141003. TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. 4133141003. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
09. 4133141003. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
10. 4133141003. CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. 4133141003. CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (788kB)
12. 4133141003. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (389kB)
13. 4133141003. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. 4133141003. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
15. 4133141003. ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Word Square pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 174 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas Make a Match, kelas XI IPA 2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas Word Square. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi sel. Untuk secara keseluruhan, model pembelajaran Make A Match memiliki hasil yang lebih baik (X ̅_1 ± SD1 = 90.63 ± 6.64) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square (( X) ̅_2 ± SD2 = 87.29 ± 7.31). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5.30 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 67 dan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) diperoleh harga ttabel = 1,99 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Word Square pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2017 BIO 238 |
| Keywords: | HASIL BELAJAR,MAKE A MATCH,WORD SQUARE |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
| Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:48 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 07:20 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37648 |
