Riski, Afriliana (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN WORD SQUARE PADA MATERI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4133141003. COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. 4133141003. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
03. 4133141003. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
04. 4133141003. PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
05. 4133141003. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
06. 4133141003. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. 4133141003. TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. 4133141003. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
09. 4133141003. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. 4133141003. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. 4133141003. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Word Square pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 174 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas Make a Match, kelas XI IPA 2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas Word Square. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi sel. Untuk secara keseluruhan, model pembelajaran Make A Match memiliki hasil yang lebih baik (X ̅_1 ± SD1 = 90.63 ± 6.64) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square (( X) ̅_2 ± SD2 = 87.29 ± 7.31). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 5.30 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 67 dan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) diperoleh harga ttabel = 1,99 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan Word Square pada materi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 238 |
Keywords: | HASIL BELAJAR,MAKE A MATCH,WORD SQUARE |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:48 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37648 |