Ros, Diana (2017) KEMAMPUAN PENARI ALL STYLE BATTLE DI KOTA MEDAN KAJIAN TERHADAP KREATIVITAS GERAK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2132140004 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 2132140004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 2132140004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM. 2132140004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 2132140004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 2132140004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2132140004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2132140004 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
12. NIM. 2132140004 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13. NIM. 2132140004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas gerak penari dalam kategori hip hop dan popping pada All Style Battle dari grup modern dance di Kota Medan. Kajian ini ditinjau dengan teori kreativitas Sumandiyo Hadi yang dikaitkan dengan pendapat Soedarsono tentang penciptaan gerak dari eksplorasi, improvisasi, dan forming. Dalam kajian ini menggunakan teori kreativitas dari Utami Munandar bahwa kreativitas berarti sebagai potensi, proses, dan produk kreatif dikaitkan dengan pendapat Soedarsono unsur gerak terdapat tiga yaitu tenaga, ruang dan waktu. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan, Agustus sampai September 2017. Lokasi penelitian di Groovy Dance Studio di jalan meranti no. 3 B – C Medan. Populasi penelitian ini adalah grup-grup modern dance di Kota Medan dan sampelnya adalah grup bernama Buhlala, B-fab Squad, Second Blitz, Another Boogie Crew, dan FOSC. Analisis penelitian data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dari lima grup yang telah diteliti memiliki deskripsi gerak yang berbeda dalam melakukan kreativitas gerak sesuai potensi, proses, dan produk kreatif. Buhlala mampu mengembangkan tiga teknik gerak hip hop dari bounce, waving, dan foot work menciptakan produk perubahan titik fokus gerak dan perubahan arah hadap. B-fab Squad mengembangkan empat teknik gerak hip hop dari bounce, dab, cut it, dan whip menghasilkan gerak dengan ruang gerak yang besar dan tempo yang digunakan lebih cepat. Second Blitz menjelajahi empat teknik gerak hip hop dari bounce, foot work, waacking, dan running man tidak begitu banyak perubahan dari gerak aslinya, hanya ada perubahan dari penambahan ruang gerak lain. FOSC mengembangkan empat teknik gerak popping dari pop/hit, footwork, dime stop, dan waving menciptakan produk yang menggunakan ruang gerak yang besar. Another Boogie Crew memiliki tiga teknik gerak popping dari pop/hit, dime stop , dan waving yang menciptakan hasil gerak dengan penggunaan tenaga yang tidak besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 TARI 029 |
Keywords: | All Style Battle; Kreativitas Gerak; Hip Hop; Popping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:46 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37628 |