PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI TORTOR NAPOSO NAULI BULUNG DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA

KHAIRUNI, MIRA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI TORTOR NAPOSO NAULI BULUNG DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2143140022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2143140022 COVER.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2143140022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2143140022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2143140022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2143140022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2143140022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2143140022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2143140022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2143140022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2143140022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2143140022 TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2143140022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2143140022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2143140022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2143140022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2143140022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2143140022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2143140022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2143140022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2143140022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2143140022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Tari dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada materi Tortor Naposo Nauli berdasarkan KD 3.2 yaitu memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak tari tradisi. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Istarani (2017:12) yaitu NHT (Numbered heads together) merupakan rangkaian penyampaian materi dengan menggunakan kelompok sebagai wadah dalam menyatukan persepsi/pikiran siswa terhadap pertanyaan yang dilontarkan atau diajukan guru, yang kemudian akan dipertanggungjawabkan oleh siswa sesuai dengan nomor permintaan guru dari masing-masing kelompok. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan mengggunakan rumus uji t. Sampel pada penelitian terdiri dari satu kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Rantau Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda (multiple choise). Hasil pretest dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 64,5. Sedangkan hasil postest dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered heads together) diperoleh nilai rata-rata 80,16. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran NHT (Numbered heads together) thitung > ttabel yaitu 41,21 > 1,67. Dengan demikian, hipotesis penelitian (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 TARI 001
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Tortor Naposo Nauli Bulung, Model Nht (Numbered Heads Together))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:42
Last Modified: 01 Apr 2020 16:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37589

Actions (login required)

View Item
View Item