KHAIRUNI, MIRA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI TORTOR NAPOSO NAULI BULUNG DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143140022 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM. 2143140022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM. 2143140022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 2143140022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 2143140022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 2143140022 TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM. 2143140022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM. 2143140022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 2143140022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
13. NIM. 2143140022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 2143140022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Tari dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) pada materi Tortor Naposo Nauli berdasarkan KD 3.2 yaitu memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak tari tradisi. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Istarani (2017:12) yaitu NHT (Numbered heads together) merupakan rangkaian penyampaian materi dengan menggunakan kelompok sebagai wadah dalam menyatukan persepsi/pikiran siswa terhadap pertanyaan yang dilontarkan atau diajukan guru, yang kemudian akan dipertanggungjawabkan oleh siswa sesuai dengan nomor permintaan guru dari masing-masing kelompok. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan mengggunakan rumus uji t. Sampel pada penelitian terdiri dari satu kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Rantau Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda (multiple choise). Hasil pretest dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 64,5. Sedangkan hasil postest dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered heads together) diperoleh nilai rata-rata 80,16. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran NHT (Numbered heads together) thitung > ttabel yaitu 41,21 > 1,67. Dengan demikian, hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 001 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Tortor Naposo Nauli Bulung, Model Nht (Numbered Heads Together)) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:42 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 16:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37589 |