PASARIBU, ELISABET (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP METHODIST PELITA KASIH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4151111022 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4151111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM 4151111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4151111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 4151111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 4151111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 4151111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4151111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4151111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM. 4151111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4151111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelass VIII SMP Methodist Pelita Kasih melalui model problem based learning berbantuan geogebra. (2) Mendeskripsikan proses jawaban siswa setelah diterapkan model problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Methodist Pelita Kasih pada semester ganjil T.A 2019/2020 yang berjumlah 23 orang. Objek dalam penelitian ini adalah
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan GeoGebra pada materi sistem koordinat kartesius. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 20,39 dengan 50,98% dari 23 siswa telah mencapai ketuntasan belajar kemudian meningkat pada siklus II sehingga rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 25,87 dengan 86,23% dari 23 siswa telah mencapai ketuntasan belajar. (2) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam memecahkan masalah matematis lebih baik pada siklus II di setiap aspek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 002 |
Keywords: | Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:41 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37568 |