SIREGAR, MAIMUNAH AMELIYAH (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INQUIRY TRAINING PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SMA NEGERI 8 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4152121026 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4152121026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 4152121026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4152121026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 4152121026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 4152121026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4152121026 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4152121026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4152121026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM. 4152121026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 4152121026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inquiry training untuk mengetahui karakteristik kelayakan validasi LKPD. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan diadaptasi dari model ADDIE yang dibatasi menjadi 3 tahap pengembangan yakni Analysis, Design, dan Develop. Subjek penelitian ini LKPD inquiry training pada materi fluida statis tingkat SMA. Data penelitian pengembangan ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa instrumen validasi ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain, instrumen penilaian guru mata pelajaran, instrumen respon peserta didik, serta instrumen aktivitas belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan persamaan persentasi kemudian hasil disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan.
Hasil penelitian pengembangan diperoleh lembar kerja peserta didik (LKPD) yang layak untuk pembelajaran fisika pada materi pokok fluida statis tingkat SMA. Produk LKPD berbasis inquiry training pada materi fluida statis untuk kelas XI SMA mendapat kelayakan oleh ahli materi (92,5%; sangat layak), ahli pembelajaran (82,74%; sangat layak), ahli desain (90,43%; sangat layak) dan penilaian guru fisika (84,21%; sangat layak). Sedangkan pada tahap uji coba, yakni uji coba kelompok kecil (92,07%) dan uji lapangan (84,57%) mendapat kriteria sangat baik. Pada uji lapangan menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa LKPD yang dikembangkan peneliti mendapat kelayakan dari tim ahli, mendapat penilaian baik dari guru Fisika, serta respon baik dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 003 |
Keywords: | LKPD; Inquiry Training; Kelayakan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:41 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37561 |