GULTOM, ROBBY GRAY (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X SMK N 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153121023 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 5153121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
3. NIM 5153121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM 5153121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM 5153121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
6. NIM 5153121023 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 5153121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 5153121023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 5153121023 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM 5153121023 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 5153121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin pada kompetensi dasar Menganalisis strategi penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam di kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah populasi 35 siswa. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Menganalisis strategi penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 17 siswa (48,57%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 18 siswa (51,43%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 68,71 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 48,57%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 29 siswa (82,86%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (17,18%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 79,71 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 82,86%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke post test siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X pada kompetensi Menganalisis strategi penggunaan perkakas bertenaga/operasi digenggam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:40 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37555 |