Sinaga, Zullen Van Voy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA N 2 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176122027 cover.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2. NIM 8176122027 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM 8176122027 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 8176122027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. NIM 8176122027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
6. NIM 8176122027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 8176122027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 8176122027BAB I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM 8176122027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
13. NIM 1876122027 BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM 8176122027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar geografi yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan STAD, (2) mengetahui hasil
belajar geografi yang memiliki gaya kognitif independent, dan kognitif dependent
(3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif.
Populasi dalam penelitian ini adalah XI IPS SMA N 2 Percut Sei Tuan.
Sedangkan sampel berjumlah 2 kelas yang diambil dengan menggunakan cluster
random sampling. Statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hipotesis
penelitian di uji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar dengan model pembelajarn PBL lebih
tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD
( 94,66 > 4,01 ;ᾳ = 0,05); (2) siswa yang mamiliki gaya kognitif Field
Independent memperoleh hasil belajar geografi yang lebih tinggi dibandingkan
dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (36,93); (3)terdapat
interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar
geografi yaitu 5,91> 4,01. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan dengan STAD. Kemudian
siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent memperoleh hasil belajar
lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent.
Dari hasil tersebut diketahui maka model pembelajaran PBL lebih baik digunakan
pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan model STAD lebih
baik digunakan pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.9 Sin p |
Keywords: | problem based learning, STAD dan gaya kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 06:41 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37483 |