TAMBUNAN, IRAYANTI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN BERCERITA ANAK TK NEGERI KECAMATAN PADANG HILIR KOTA TEBING TINGGI. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 8156182056 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 Nim 8156182056 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3 Nim 8156182056 Abstract.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4 Nim 8156182056 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5 Nim 8156182056 Table of Content.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6 Nim 8156182056 Chapter I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
10 Nim 8156182056 Chapter V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
11 Nim 8156182056 References.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan guru dalam mendesain pembelajaran di kelas. Hal ini menyebabkan siswa menjadi bosan dengan pembelajaran yang diikutinya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru memerlukan sesuatu yang dapat menarik perhatian siswa agar tidak bosan dengan pembelajaran yang monoton. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan media. Penggunaan media yang baik diharapkan dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.
Salah satu media yang dapat digunakan untuk menarik perhatian siswa adalah media
boneka tangan. Media boneka tangan yang dikembangkan adalah boneka tangan berbasis lingkungan. Berdasarkan pemikiran inilah peneliti berkeinginan mengadakan
penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media boneka tangan berbasis lingkungan pada pembelajaran bercerita anak TK Negeri Pembina Kecamatan
Padang Hilir Kota Tebingtinggi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan pada siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi yang berjumlah 18 orang.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli media dan data ahli materi dan data hasil uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal. Pada validasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh persentase nilai rata-rata keseluruhan sebesar 84,72%. Jika nilai 84,72% ini dikonsultasikan pada Tabel 3.3, maka nilai sebesar 84,72% termasuk kriteria sangat valid. Pada validasi yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh persentase nilai rata-rata keseluruhan sebesar 75%. Jika nilai 75% ini dikonsultasikan pada Tabel 3.3, maka nilai sebesar 75% termasuk kriteria valid. Hasil ujicoba kelompok kecil 1 siswa diperoleh media boneka tangan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan anak TK. Temuan penelitian menunjukkan: media boneka tangan berbasis lingkungan pada pembelajaran bercerita anak TK Negeri Pembina Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi yang dikembangkan peneliti layak digunakan sebagai media pembelajaran. Implikasinya adalah boneka tangan berbasis lingkungan dapat dikembangkan oleh guru dan digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran bercerita di kelas. Guru mata pelajaran disarankan untuk dapat mengembangkan media boneka tangan yang ada agar boneka tangan yang digunakan sebagai media pembelajaran lebih variatif dan menarik sehingga dapat lebih menarik perhatian para siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | LINGKUNGAN, ANAK TK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 15:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37482 |