SAHPUTRA, FIFIT (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 054919 KACANGAN KECAMATAN SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8146182011 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8146182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
3. NIM. 8146182011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 8146182011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8146182011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 8146182011 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8146182011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8146182011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
12. NIM. 8146182011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 8146182011 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan multimedia interaktif berbasis kontekstual pada tema daerah tempat tinggalku, (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang digunakan pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD, dan (3) mengetahui efektifitas multimedia interatif yang dikembangkan pada tema daerah tempat tinggalku dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 054919 Kacangan Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian dan pengembangan model Bord dan Gall dengan model pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba ahli materi pelajaran pada aspek kelayakan isi dan kelayakan penyajian memperoleh validasi sangat baik (95,24%), (2) hasil uji ahli desain pembelajaran pada aspek kemenarikan tampilan fisik, ketepatan penggunaan desain, kesesuaian format, sajian dengan karakteristik sasaran, kejelasan petunjuk media, kejelasan paparan materi, dan kesesuaian evaluasi dengan materi memperoleh validasi sangat baik (94,79%), (3) hasil uji ahli desain media pembelajaran pada aspek desain tampilan media, desain pemograman media, dan desain isi media memperoleh validasi kriteria sangat baik (92,86%), (4) hasil uji coba kelayakan media pada uji coba perorangan mendapat kriteria sangat baik (92,42%), (5) hasil hasil uji coba kelayakan media pada uji coba kelompok kecil mendapat kriteria sangat baik (92,92%), (6) hasil hasil uji coba kelayakan media pada uji coba kelompok besar mendapat kriteria sangat baik (91,58%), dan (7) keefektifan multimedia interaktif diukur dengan menggunakan hasil pre test dan post test. Keefektifan multimedia interaktif antara sebelum menggunakan dan setelah menggunakan didapat hasil 0,74 maka gain score siswa tergolong tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis kontekstual layak digunakan pada siswa kelas IV SD dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | MULTIMEDIA INTERKATIF;KONTEKSTUAL;DAERAH TEMPAT TINGGALKU |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:33 |
Last Modified: | 15 May 2020 18:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37472 |