YANI, FITRI (2019) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101828 GELUGUR KEBUN KECAMATAN PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 8176182016 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2 NIM 8176182016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3 NIM 8176182016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4 NIM 8176182016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5 NIM 8176182016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6 NIM 8176182016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7 NIM 8176182016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8 NIM 8176182016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9 NIM 8176182016 BAB I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
13 NIM 8176182016 BAB V.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
14 NIM 8176182016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan Modul IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan. Pengembangan modul IPA menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, lembar respon guru dan lembar respon guru dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan tehnik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil validasi materi dinyatakan sangat layak, dan ahli desain dinyatakan layak dan ahli bahasa dinyatakan sangat layak digunakan di lapangan. Hasil respon guru terhadap modul
IPA berbasis inkuiri terbimbing sangat layak, sedangkan hasil angket respon siswa terhadap modul IPA berbasis inkuiri terbimbing sangat baik. Berdasarkan observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 83,75 termasuk dalam kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa selama proses belajar mengajar berlangsung aktivitas siswa berjalan dengan baik. Dan
berdasarkan hasil gain score di dapat 0,75 maka peningkatan hasil belajar siswa (gain score) tergolong tinggi. Hasil rata-rata pre test siswa yaitu 43,5 dan hasil rata-rata post test siswa yaitu 86,25 sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat. Hasil ketuntasan belajar individu dan klasikal terdapat 85%
siswa yang tuntas belajar. Hal ini menunjukkan bahwa modul IPA berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar layak dan efektif digunakan di dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | MODUL; INKUIRI TERBIMBING; MODEL ADDIE; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:33 |
Last Modified: | 15 May 2020 18:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37471 |