RANGKUTI, EKA FITRIANI (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKHNIK FOCUS GROUP DISCUSSION TERHADAP PENALARAN MORAL SISWA KELAS VIII-7 MTSN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1152151002 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 1152151002 LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
3. NIM 1152151002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 1152151002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 1152151002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 1152151002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1152151002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1152151002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1152151002 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM. 1152151002 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 1152151002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok tekhnik Focus Group Discussion terhadap penalaran moral siswa kelas VIII-7 di MTsN 2 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Layanan bimbingan Kelompok Tekhnik FGD Terhadap Penalaran Moral Siswa Kelas VIII-7 di MTsN 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-7 yang tingkat penalaran moralnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala penalaran moral. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok tekhnik FGD terhadap penalaran moral siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 58,62 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 96,75. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 17 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk N=8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan
hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 17 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap penalaran moral siswa kelas VIII-7 MTsN 2 Medan tahun ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 097 |
Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK;FOCUS GROUP DISCUSSION;PENALARAN MORAL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:33 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 14:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37468 |