KARINA, DHEA AGITA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 050615 NAMU UKUR UTARA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111013_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1153111013_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 1153111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1153111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM. 1153111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1153111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1153111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1153111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1153111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 1153111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1153111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Think Pair Share (TPS) pada materi Tumbuhan Hijau di kelas V SD Negeri 050615 Namu Ukur Utara T.A 2019/2020 khususnya pada materi tumbuhan hijau. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050615 Namu Ukur Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh,
yaitu dengan menjadikan semua populasi sebagai sampel. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa soal tes pilihan berganda sebanyak 25 butir soal yang sudah divalidkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji persyaratan analisis data menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal, serta memiliki varians yang homogen (sama). Dan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung (3,0597) > ttabel (2,0065) yang didapat dengan cara interpolasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 050615 Namu Ukur Utara T.A 2019/2020. Perbedaan terlihat pada rata-rata kelas antara kelas eksperimen I (77,14) dan kelas eksperimen II (83,29), yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share lebih unggul dari model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Tumbuhan Hijau.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 282 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS), MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS), ILMU PENGETAHUAN ALAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:27 |
Last Modified: | 15 May 2020 21:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37451 |