LUMBAN TORUAN, MARIA ANGGRAENI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBANTUAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SDN 064955 MEDAN AMPLAS T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111032_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1153111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. NIM. 1153111032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM. 1153111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
5. NIM. 1153111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1153111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1153111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1153111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1153111032_BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM. 1153111032_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1153111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan LKPD berbantuan model pembelajaran discovery learning, dan 2) mendeskripsikan kualitas produk LKPD berbantuan model pembelajaran discovery learning sebagai LKPD berdasarkan penilaian respon peserta didik pada uji coba lapangan, penilaian ahli materi, penilaian ahli lkpd dan penilaian praktisi pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 064955 Medan Amplas, ahli materi, ahli LKPD dan praktisi pendidikan yaitu guru kelas V dan objek penelitian adalah pengembangan LKPD berbantuan model pembelajaran discovery learning.
Data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk menggunakan kuesioner skala 5 serta saran untuk merevisi produk. Berdasarkan hasil penelitian 1) LKPD berbantuan model pembelajaran discovery learning dikembangkan dengan mengikuti langkah penelitian
pengembangan model ADDIE, yaitu tahap analysis, design, development, dan implementation, evaluation, dan 2) hasil validasi LKPD oleh ahli materi termasuk kategori Sangat Baik (4,6), ahli LKPD termasuk kategori Sangat Baik (4,7), praktisi pendidikan yaitu guru kelas V termasuk kategori Sangat Baik (4,7), uji coba lapangan termasuk kategori Sangat Baik (4,8) 3) hasil kelayakan LKPD oleh
ahli materi termasuk kategori Sangat Layak (92%), ahli LKPD termasuk kategori Sangat Layak (94%), praktisi pendidikan yaitu guru kelas V termasuk kategori
Sangat Layak (94%), uji coba lapangan termasuk kategori Sangat Layak (96%). Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan media dari kelima tahapan, maka rata-rata penilaian media pembelajaran berbantuan powerpoint interaktif dinyatakan Sangat Baik (4,7) dan Sangat Layak (94%) untuk digunakan sebagai lembar kerja peserta didik khususnya pada tema “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema “Organ gerak Hewan” pembelajaran 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 293 |
Keywords: | Research and Development; Lembar Kerja Peserta Didik; Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:18 |
Last Modified: | 12 May 2020 22:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37374 |