WULANDARI, CAHYATI (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED OLEH SISWA KELAS X SMK PAB I HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153111003 COVER.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
2. NIM 2153111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM 2153111003 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 2153111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM 2153111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM 2153111003 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 2153111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM 2153111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 2153111003 BAB 1.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM 2153111003 BAB 5.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 2153111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X SMK PAB 1 Helvetia melalui model pembelajaran Open Ended.
Penggunaan model pembelajaran Open Ended diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks eksposisi agar kemampuan siswa meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis sesuai strtuktur teks eksposisi, mengetahui keterampilan menulis teks eksposisi sesuai kaidah kebahasaan teks eksposisi, mengetahui keterampilan menuils teks eksposisi siswa menentukan segi isi teks
eksposisi melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas yang dilaksanakan di kelas X SMK PAB 1 Helvetia dengan jumlah polulasi 480 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas Listrik1 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, kelas X Listrik 2 sebagai kelas
eksperimen dengan model pembelajaran Open Ended. Pengambilan data penelitian menggunakan tes menulis. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK PAB 1
Helvetia mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model pembelajaran epen ended. Hasil tes menulis teks eksposisi menunjukkan nilai rata-rata pada kelas konvensional sebesar 84. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes menulis teks eksposisi kelas eksperimen sebesar 92. Dari data juga diperoleh setiap aspek yaitu: (1) nilai struktur teks eksposisi adalah 27,79 berada pada katagori sangat baik, (2) nilai kaidah kebahasaan teks eksposisi adalah 26,75 berada pada katagori baik, (3) nilai segi isi teks eksposisi adalah 37 pada katagori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 213 |
Keywords: | kemampuan menulis; teks eksposisi; model open ended |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:18 |
Last Modified: | 12 May 2020 22:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37372 |