PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG KABUPATEN LANGKAT

Nuh, Muhammad (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106122023 Judul.pdf]
Preview
Text
8106122023 Judul.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8106122023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8106122023 Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8106122023 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8106122023 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8106122023 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8106122023 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8106122023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Bab I.pdf]
Preview
Text
8106122023 Bab I.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Bab V.pdf]
Preview
Text
8106122023 Bab V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 8106122023 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8106122023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Sejarah antara siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif dan interaksi sosial koperatif , (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang dan SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat, yang masing-masing memiliki 3 (tiga) kelas. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang masing-masing terdiri dari 1 (satu) kelas berjumlah 40 orang siswa, baik siswa SMA Negeri 1 kecamatan Padang Tualang dan 40 orang siswa kecamatan Binjai dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes interaksi sosial untuk membedakan jenis interaksi sosial yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari. 45 soal yang diujikan sebanyak 37 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar Sejarah siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleb Fhitung = 105,78 > Ftabel = 3,95 pada taraf signiflkan a = 0,05 dengan dk = (1,76); (2) siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif memperoleh hasil belajar Sejarah yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki interaksi sosial koperatif. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 5,46 > Ftabe1 = 3,95 pada taraf signitikan a = 0,05 dengan dk = (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar Sejarah siswa. Hal ini ditunjukkan oleb Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,95 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = ( 1,76).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Nuh p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran ekspositori; Interaksi sosial kompetitif; Interaksi sosial koperatif; Belajar sejarah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 22 May 2018 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3735

Actions (login required)

View Item
View Item