ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING

Simatupang, Rosmawaty (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176171027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176171027 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176171027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176171027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176171027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176171027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176171027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176171027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176171027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176171027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176171027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176171027 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176171027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176171027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176171027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176171027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176171027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176171027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176171027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176171027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176171027 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176171027 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran problembased learning, (2) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
pemecahan masalah matematis setelah pembelajaran problem-based learning, (3)
self-efficacay siswa pada pembelajaran problem-based learning. Subjek dalam
penelitian ini adalah semua siswa SMP Tunas Baru Jin Seung Batam kelas VII-A
yang berjumlah 38 siswa, kemudian untuk subjek wawancara dipilih berdasarkan
tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahapan Polya
dan skala self-efficacy menurut dimensi Bandura. Adapun hasil penelitian sebagai
berikut: (1) Kategori penilaian siswa berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan
masalah matematis dari tertinggi ke terendah secara berurutan: kemampuan tinggi
8 orang, sedang 20 orang, dan rendah 10 orang. (2) Kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah adalah siswa berkemampuan
tinggi 1 orang melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan 3 orang
salah pada tahap memeriksa kembali. Siswa berkemampuan sedang melakukan
kesalahan pada tahap membuat rencana sebesar 7 orang, pada tahap melaksanakan
rencana 11 orang dan tahap memeriksa kembali sebesar 20 orang. Siswa
berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana sebesar
10 orang, pada tahap melaksanakan rencana 10 orang dan tahap memeriksa
kembali sebesar 10 orang. (3) Self-efficacy siswa berdasarkan dimensi Magnitude
dengan tingkat self-efficacy sangat tinggi sebanyak 1 orang, tingkat tinggi
sebanyak 2 orang, tingkat sedang sebanyak 5 orang dan tingkat rendah seanyak 5
orang. Dimensi Streanght dengan tingkat self-efficacy tinggi sebanyak 3 orang,
tingkat sedang sebanyak 8 orang, dan tingkat rendah sebanyak 6 orang. Dimensi
Generality dengan tingkat self-efficacy sangat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat
tinggi sebanyak 2 orang, tingkat sedang sebanyak 3orang, dan tingkat rendah
sebanyak 1 orang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510 Sim a
Keywords: analisis, kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy, problem- based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:57
Last Modified: 04 Dec 2019 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37287

Actions (login required)

View Item
View Item