Siregar, Hanifan Nursyah Fitri (2019) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MATLAB. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8176172021 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2 NIM 8176172021 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3 NIM 8176172021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4 NIM 8176172021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5 NIM 8176172021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6 NIM 8176172021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7 NIM 8176172021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 8176172021 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12 NIM 8176172021 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13 NIM 8176172021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang diberi
model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model
Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab, (2) Apakah terdapat perbedaan
kedisiplinan belajar matematika antara siswa yang diberi model Problem Based
Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS)
di Berbantuan Matlab, (3) Apakah terdapat perbedaan proses penyelesaian
jawaban siswa saat menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kreatif
matematika setelah memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih
tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Eria Medan. Sampel
penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas
Eksperimen I diberikan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas
eksperimen II diberikan pembelajaran Think Pair Share (TPS). Instrumen yang
digunakan terdiri dari: Tes kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dan angket
kedisiplinan belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan Analisis Kovarian
(ANACOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang diberi
model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model
Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab, (2) Terdapat perbedaan kedisiplinan
belajar matematika antara siswa yang diberi model Problem Based Learning
(PBL) lebih tinggi dari siswa yang diberi model Think Pair Share (TPS) di
Berbantuan Matlab, (3) Terdapat perbedaan proses penyelesaian jawaban siswa
saat menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematika setelah
memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari siswa yang
diberi model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Matlab. Berdasarkan hasil
penelitian, maka peneliti menyarankan model Problem Based Learning (PBL)
pada pembelajaran matematika dapat dijadikan sebagai salah satu alternative
dalam pembelajaran matematika yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510 Sir p |
Keywords: | Hasil Baelajar; Kkedisiplinan; Matlab; TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 09:41 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37282 |