PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KABUPATEN KARO

Bancin, Budi Syawal (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136132008 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136132008 Cover.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136132008 Approval Sheet.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136132008 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136132008 Abstract.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136132008 Abstract.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136132008 Preface.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136132008 Preface.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136132008 Table of content.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136132008 Table of content.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136132008 Tables.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136132008 Tables.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136132008 Illustration.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136132008 Illustration.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136132008 Appendices.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136132008 Appendices.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136132008 Chapter I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136132008 Chapter I.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136132008 Chapter V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136132008 Chapter V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136132008 Bibliography.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136132008 Bibliography.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru dalam
menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK) di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Kabupaten Karo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam
menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penerapan supervisi
akademik teknik focus group discussion (FGD) Kepala Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Kabupaten Karo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah
yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Karo dengan
subjek penelitian sebanyak 7 orang guru. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini ialah metode kuantitatif melalui dua siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari 4 tahapan. Instrumen penelitian untuk peningkatan kemampuan
guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan
lembar penilaian dengan jumlah 10 butir aspek penilaian terdiri dari 4 deskriptor,
sedangkan instrumen untuk mengetahui keberhasilan penerapan supervisi
akademik teknik focus group discussion (FGD) menggunakan lembar observasi
melalui 3 tahap penerapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tindak
lanjut. Kemampuan guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas
(PTK) pada tahap prasiklus hasil temuan penelitian diperoleh nilai rata-rata pada
saat pasiklus sebesar 53,2 dan meningkat menjadi 69,2 pada siklus I, kemudian
meningkat menjadi 86, 07 pada siklus II. Adapun setelah melakukan tindakan
pada siklus I peningkatkan kemampuan guru dalam menyusun proposal penelitian
tindakan kelas (PTK), tingkat kemampuan guru mencapai 14,2%. Hal ini
menunjukkan bahwa guru belum mencapai standar ketuntasan. Beranjak dari
refleksi tindakan yang telah dilakukan pada siklus I, maka pada siklus II, setelah
diberikan tindakan yang lebih optimal dan intensif maka diperoleh 100% guru
yang terampil dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Jika
semua guru mencapai nilai ≥ 80 dalam menyusun proposal penelitian tindakan
kelas (PTK) atau memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan maka
penelitian ini dianggap tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan
supervisi akademik teknik focus group discussion (FGD) dapat meningkatkan
kemampuan guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK) di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Karo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.12 Ban p
Keywords: Kemampuan, Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Supervisi Akademik, Teknik Focus Group Discussion.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 07:46
Last Modified: 03 Dec 2019 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37272

Actions (login required)

View Item
View Item