Siregar, Nurhapni Handayani Optapia (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SILANGKITANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176192023 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 8176192023 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM 8166191003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM 8166191003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM 8176192023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM 8176192023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 8176192023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8176192023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8176192023 BAB I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13. NIM 8176192023 BAB V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14. NIM 8176192023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengembangan media
interaktif bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran membaca teks deskripsi,
(2) kelayakan media interaktif bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran
membaca teks deskripsi, (3) efektivitas produk media interaktif bermuatan
kearifan lokal pada pembelajaran membaca teks deskripsi oleh para ahli untuk
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Silangkitang. Subjek uji coba terdiri dari ahli
materi, ahli desain, guru bidang studi bahasa Indonesia, dan siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Silangkitang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil angket
kebutuhan yang telah disebarkan mendapatkan hasil bahwa responden belum
pernah menggunakan media pembelajaran interaktif bermuatan kearifan lokal di
dalam kelas dan responden juga membutuhkan media pembelajaran interaktif
dalam bentuk adobeflash 0,11 untuk dipakai di dalam kelas selama pembelajaran
membaca tesk deskripsi, (2) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan
rata-rata delapan 89,58% pada kriteria “sangat baik”, kelayakan penyajian dengan
rata-rata 88,88% pada kriteria “sangat baik”, aspek bahasa dengan rata-rata
88,88% pada kriteria “sangat baik”, aspek media pembelajaran interaktif
bermuatan kearifan lokal dengan rata-rata 92,58% pada kriteria “sangat baik”, dan
validasi ahli desain dengan rata-rata 85,00% pada kriteria “sangat baik”. (3) uji
efektivitas produk pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif bermuatan
kearifan lokal terhadap 34 responden yang terdiri dari 2 orang guru bidang studi
Bahasa Indonesia yang mendapat hasil rata-tata 86,76% dalam kategori “sangat
baik”. Uji coba produk perorang mendapat rata-rata 82,22% dalam kategori
“sangat baik”, pada uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata 86,11% dalam
kategori “sangat baik”, dan untuk uji coba lapangan terbatas mendapat rata-rata
89,12% dalam kategori “sangat baik”. Siswa sesudah menggunakan media
pembelajaran interaktif mendapat nilai rata-rata 81,25 dibandingkan nilai rata-rata
siswa sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif yang berjumlah 2030
dengan rata-rata 63,43, Dengan demikian media interaktif bermuatan kearifan
lokal dapat digunakan sebagai fa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 418.4 Sir p |
Keywords: | Interaktif, Media Pembelajaran, Pengembangan, Deskripsi, Membaca. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 04:36 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37259 |