irfani, Widya (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE DAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ICT PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8176141012 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2 NIM 8176141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
3 NIM 8176141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5 NIM 8176141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4 NIM 8176141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6 NIM 8176141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 8176141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM 8176141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9 NIM 8176141012 BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13 NIM 8176141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14 NIM 8176141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media yang telah
dikembangkan yaitu Lectora Inspire sesuai dengan Badan Standar Nasional
Pendidikan, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada media powerpoint,
media Lectora Inspire serta media Lectora Inspire dan Video Pembelajaran
berbasis ICT, mengetahui hubungan aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa
pada ketiga media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE
(Analysis,Design,Development,Implementation and Evaluation). Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Secanggang. Sampel
penelitian ini diambil secara Purposive Sampling yaitu 3 kelas dengan jumlah
siswa 90 orang. Hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji one-way Anova
dan uji bivariate pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media
pembelajaran yang ada di sekolah memperoleh skor rata-rata 2,8 (cukup layak)
untuk digunakan pada pembelajaran kimia tapi perlu direvisi dan dikembangkan
(2) Media pembelajaran yang telah dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,8
(sangat layak) digunakan pada pembelajaran kimia materi larutan elektrolit dan
nonelektrolit (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada media pembelajaran
Powerpoint, Lectora Inspire dan Lectora Inspire dan video pembelajaran berbasis
ICT dimana nilai .Sig (0,005) lebih besar dari 0,05 (4) Terdapat hubungan antara
aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa pada ketiga media pembelajaran. Pada
kelas eksperimen I (Powerpoint) nilai Sig. (0,024), kelas eksperimen II (Lectora
Inspire) dengan nilai Sig. (0,008) dan pada kelas eksperimen III (Lectora Inspire
dan Video Pembelajaran berbasis ICT) dengan nilai Sig. (0,000) dimana ketiga
nilai Sig. tersebut lebih besar dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.711 Arf p |
Keywords: | Media Lectora Inspire, ICT, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD625 Radiation chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 02:58 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37242 |