SIREGAR, NURSYAH RIDA SYANTI (2019) Pengaruhpengaruh kegiatan bermain congklak terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di tk an - nur t.a 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
02 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
03 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
04 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
05 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
12 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13 NIM 1151113019 NURSYAH RIDA SYANTI SIREGAR - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak masih rendah, pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak pada usia 4-5 tahun di TK AN NUR
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Possstest-Only Control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK AN NUR. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Pengujian ini digunakan dengan menggunakan uji Liliefors (uji-t) dengan taraf nyata α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sifgnifikan. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh rata-rata skor kemampuan kognitif anak kelas ekperimen 6,25 dan kelas kontrol 4,37 . dari hasil observasi kedua sampel diperoleh selisih 1,88 . Dari data yang diperoleh tersebut didapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif anak dikelas ekperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji hipotesis terbukti bahwa t_hitung (0,8065) >t_tabel (0,285) . hal tersebut sesuai dengan hasil uji hipotesis H_O ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan permainan congklak terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK AN NUR T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 073 |
Keywords: | CONGKLAK |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements > GV1221 Indoor games and amusements L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37198 |