PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

Maysarah, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153331028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153331028 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153331028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153331028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153331028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153331028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153331028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153331028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153331028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153331028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 415331028 ILLUSTRACTION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 415331028 ILLUSTRACTION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153331028 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153331028 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153331028  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153331028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153331028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153331028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153331028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153331028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153331028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153331028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan dikelas XI SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil purposive sampling, yakni kelas Eksperimen dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan model Direct Instruction (DI) dengan media yang sama yaitu Powerpoint. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa 20 soal pilihan ganda sebagai soal pretest dan posttest dengan reabilitas 0,779. Instrumen non-tes yang digunakan berupa lembar observasi berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata hasil belajar kemampuan berfikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Powerpoint meningkat dari 28,33 menjadi 85,33 dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan media Direct Instruction (DI). Kemudian, diperoleh kemampuan nilai observasi berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) yaitu 58,14 dan 52,77. Sehingga, diperoleh hipotesis bahwa thitung> ttabel atau 2,29 > 1,671, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari data menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 KIM 180
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Direct Instruction (DI), Kemampuan Berfikir Kritis, Hidrokarbon
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:32
Last Modified: 12 Mar 2020 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37193

Actions (login required)

View Item
View Item