PARHUSIP, ASTRIK (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Student Facilitator And Explaining (SFE) Dengan Student Team Achievement Devision (STAD) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA SMAS RK Deli Murni Delitua Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152141004 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4152141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM 4152141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 4152141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 4152141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4152141004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4152141004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4152141004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4152141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM 4152141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4152141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif Model Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan Student Team Achievement Devision (STAD) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA. Sampel yang digunakan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Alat pengumpulan data hasil belajar digunakan test objektif berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reabilitasnya dengan nilai r sebesar 1,00. Hasil belajar pretest siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) memiliki rata-rata 44,06 ± 12,40 sedangkan hasil belajar postest siswa memiliki rata-rata 84,46 ± 5,18. Hasil belajar pretest siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) memiliki rata-rata 40,78 ± 10,24 sedangkan hasil belajar postest siswa memiliki rata-rata 75,90 ± 5,25. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I 84,46 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas ekperimen II sebesar 75,90. Uji hipotesis harga ttabel pada dik n1 + n2 = 62 dan taraf nyata 0,05 adalah 1,994 (dengan interpolasi). thitung = 5,98 (thitung > ttabel, maka Ho ditolak sekaligus Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 295 |
Keywords: | Student Facilitator And Explaining (SFE), Student Team Achievement Devision (STAD), Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37182 |