Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Student Facilitator And Explaining (SFE) Dengan Student Team Achievement Devision (STAD) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA SMAS RK Deli Murni Delitua Tahun Pelajaran 2019/2020

PARHUSIP, ASTRIK (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Student Facilitator And Explaining (SFE) Dengan Student Team Achievement Devision (STAD) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA SMAS RK Deli Murni Delitua Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4152141004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152141004 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152141004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4152141004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4152141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152141004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152141004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4152141004 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4152141004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4152141004 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4152141004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4152141004 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4152141004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152141004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152141004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4152141004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4152141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif Model Student Facilitator And Explaining (SFE) dengan Student Team Achievement Devision (STAD) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA. Sampel yang digunakan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Alat pengumpulan data hasil belajar digunakan test objektif berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reabilitasnya dengan nilai r sebesar 1,00. Hasil belajar pretest siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) memiliki rata-rata 44,06 ± 12,40 sedangkan hasil belajar postest siswa memiliki rata-rata 84,46 ± 5,18. Hasil belajar pretest siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) memiliki rata-rata 40,78 ± 10,24 sedangkan hasil belajar postest siswa memiliki rata-rata 75,90 ± 5,25. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I 84,46 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas ekperimen II sebesar 75,90. Uji hipotesis harga ttabel pada dik n1 + n2 = 62 dan taraf nyata 0,05 adalah 1,994 (dengan interpolasi). thitung = 5,98 (thitung > ttabel, maka Ho ditolak sekaligus Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 295
Keywords: Student Facilitator And Explaining (SFE), Student Team Achievement Devision (STAD), Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:32
Last Modified: 11 Mar 2020 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37182

Actions (login required)

View Item
View Item