NABABAN, ERWIN SYAHPUTRA (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan STAD (Students Teams Achievment Divisions) Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7153344035 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM.7153344035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 7153344035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 7153344035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 7153344035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 7153344035 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7153344035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7153344035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7153344035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 7153344035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7153344035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Students Teams Achievments Divisions (STAD) terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMK Swasta Jambi Medan berjumlah 67 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari 2 kelas yaitu kelas XI OTKP1 dan kelas XI OTKP2 sebanyak 67 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana dalam bentuk multiple choice, yaitu untuk soal pre-test dan pos-test sebanyak 20 item yang masing-masing yang telah dinyatakan valid dan reliabel . Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Students Teams Achievment Divisions (STAD) dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh Thitung>Ttabel yaitu (2,304>1,997) pada taraf signifikan α=0,05%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipe Students Teams Achievment Divisions (STAD pada materi menganalisis peralatan dan perlengkapan kantor di SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 116 |
Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE, MODEL STUDENTS TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37181 |