HASIBUAN, LYSTIA NURHALIZA (2019) Metode Demonstrasi dan Latihan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sketsa Pada Siswa Kelas X DKV di SMK Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2153151014 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 2153151014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 2153151014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 2153151014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 2153151014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 2153151014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 2153151014 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 2153151014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 2153151014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 2153151014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 2153151014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 9 Medan, Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DKV 1 yang berjumlah 36 orang siswa terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sketsa, melalui motode demonstrasi dan latihan. Berdasarkan hasil observasi awal yang di temukan oleh peneliti, masih rendahnya hasil belajar sketsa siswa. Peneliti melakukan pre test untuk mengetahui kondisi awal sebelum dilaksanakannya tindakan persiklus. Hasil pre test menunjukkan masih rendahnya ketuntasan belajar siswa, dari 36 orang siswa hanya 7 orang siswa (19,4%) yang tuntas dalam pembelajaran sketsa. Penelitian ini menggunakan motode pembelajaran demonstrasi dan latihan. Pada siklus I diperoleh 24 orang siswa (66,7%) yang tuntas dan 12 orang siswa (33,3%) yang tidak tuntas. Dengan begitu, peneliti melanjutkan ke siklus II dengan perolehan 35 orang siswa (97,2%) yang tuntas dan 1 orang siswa (2,8%) tidak tuntas dalam pembelajaran sketsa. Terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 30,5%, maka peneliti tidak melanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan motode pembelajaran demonstrasi dan latihan dapat meningkatkan kemampuan belajar sketsa pada siswa kelas X DKV 1 di SMK Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RUPA 059 |
Keywords: | Hasil Belajar; Sketsa; Metode Demonstrasi Dan Latihan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37174 |