SUDINTO, DINDA ASRI (2019) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kualu Hulu Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7153341005 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 7153341005 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 7153341005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 7153341005 KATA PENGANTARi.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 7153341005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 7153341005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 7153341005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8. NIM. 7153341005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 7153341005 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 7153341005 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. NIM. 7153341005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar ekonomi secara positif dan signifikan antara kelompok yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual dan dengan yang tidak diajarkan menggunakan media audio visual, (2) untuk melihat perbedaan hasil belajar ekonomi secara positif dan signifikan antara kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) untuk melihat adanya interaksi secara positif dan signifikan antara pembelajaran menggunakan media audio visual dan minat belajar dalam pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi-eksperiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 168 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, penyebaran angket dan tes hasil belajar ekonomi. Tes tersebut dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data secara kuantitatif melalui uji ANAVA dua jalur, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang tidak menggunakan media audio visual; (2) hasil belajar sisw ayang memiliki minat tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang memiliki minat rendah; (3) Terdapat interaksi penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 152 |
Keywords: | MEDIA AUDIO VISUAL; MINAT BELAJAR HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37167 |